Bahaya Perjudian Untuk Industri Sepakbola

Bahaya Perjudian Untuk Industri Sepakbola

216.83.47.126 – Industri sepakbola telah berkembang dengan sangat pesat di zaman modern ini. Kebanyakan bentuk dampak dari perjudian di sebuah industri sepakbola adalah adanya pengaturan skor yang dilakukan oleh mafia sepakbola.

Mafia sepakbola adalah sekumpulan orang yang melakukan pengaturan terhadap suatu pertandingan atau yang biasa kita kenal dengan perjudian bola, agar nantinya pertandingan tersebut bisa sesuai dengan apa yang mereka harapkan dan hanya untuk memenuhi kepentingan individu mereka. Kepentingan mereka tidak untuk memenangkan kompetisi ataupun gelar, melainkan meraup keuntungan yang sebesar besarnya dari sebuah pertandingan sepakbola.

Bahaya Perjudian dalam industri sepakbola sangat banyak. Salah satu yang paling dikhawatirkan ialah sepakbola yang tidak lagi indah seperti dulu. Dimana pada zaman itu sepakbola hanya memikirkan bagaimana cara memenangkan pertandingan melalui mencetak goal. Bukan dengan hal-hal di luar lapangan lainnya. Selain hal tersebut, karir seorang pemain yang dilibatkan juga akan seketika turun.

Perjudian dalam industri sepakbola membuat pertandingan tidak lagi hanya melibatkan sebelas lawan sebelas atau setiap pelatih. Tetapi, selain mereka sudah banyak pihak yang akan terlibat dalam olahraga favorit mayoritas masyarakat di dunia ini. Diantaranya, manajemen klub, supporter klub, hingga terlibatnya mafia sepakbola.

Karena bahaya perjudian ini, berbagai federasi sepakbola di dunia sudah gencar melakukan investigasi, serta tidak ragu untuk mengeluarkan hukuman bagi mereka yang melakukan kecurangan dalam sebuah kompetisi sepakbola. Sebagai contoh, PSSI yang merupakan induk sepakbola tertinggi di Indonesia melakukan kerjasama dengan pihak kepolisian dengan membentuk Tim Satgas Anti-Mafia sepakbola. Hal ini, ditujukan semata mata untuk memutus jaringan mafia.

Italia, 2006.

Mungkin semua pecinta sepakbola masih ingat dengan drama calciopoli di Italia pada tahun 2006? Dimana di tahun tersebut, Serie A digemparkan dengan dicabutnya gelar juara yang diraih Juventus dan diberikan kepada Inter Milan. Kenapa? Karena, Juventus dan beberapa klub lainnya terbukti melakukan pengaturan skor di italia, dimana mereka memilih siapa yang akan menjadi wasit pada pertandingan mereka nanti.

Hukuman Juventus dan beberapa klub lainnya itu tergolong sangat berat. Lazio, Fiorentina, dan AC Milan mendapatkan pengurangan poin yang sangat besar untuk kompetisi selanjutnya. Presiden klub Regina mendapatkan skors dunia sepakbola dan denda yang cukup besar. Lalu Juventus harus rela turun kasta dan mendapatkan denda yang cukup besar juga tentunya. Hal ini menunjukan bahwa bahaya perjudian dalam industri sepakbola sangat besar.

Kejadian yang dikenal dengan nama calciopoli ini cukup membuat Juventus sedikit hancur. Juventus yang pada tahun tersebut dihuni pemain pemain level atas, seperti Thuram, Zambrotta, Ibrahimovic, Camoranesi, Viera, Kapo, dsb. Beberapa nama yang disebutkan memutuskan untuk pindah klub usai Juventus terdegradasi. Walaupun beberapa pemain tetap setia bersama si Nyonya Tua, hal ini membuat Juventus kesulitan bersaing di papan atas serie A beberapa musim setelahnya.

Vietnam, 1998.

Tahun 1998 menjadi tahun yang tidak bisa dilupakan oleh penikmat sepakbola 216.83.47.126 Indonesia. Bagaimana tidak, pada tahun tersebut terjadi drama pengaturan skor pertama yang terlihat langsung oleh dunia. kejadian ini masih menjadi perdebatan banyak pihak karena yang diberi sanksi hanyalah Mursyid Effendi, sang pelaku goal bunuh diri. Padahal, banyak orang yang beranggapan bahwa ada dalang dibalik ini ada dalang yang mengendalikan pertandingan tersebut. Efek dari bahaya perjudian tersebut langsung dirasakan Mursyid dan Sepakbola Indonesia.

Hal tersebut bermula disaat Indonesia yang memenangkan dua pertandingan awal grup akan berhadapan dengan Thailand. Jika Indonesia memenangkan ini, makan Indonesia akan menjadi juara grup dan akan bertemu dengan Vietnam, dimana Vietnam yang pada jaman itu mengeksploitasi keuntungan menjadi tuan rumah secara berlebihan.

Kejadian ini menggemaparkan dunia Sepakbola. Setelah kasus ini diselidiki oleh induk Sepakbola tertinggi FIFA, Efek dari bahaya perjudian tersebut membuat Mursyid effendi menerima sanksi larangan seumur hidup dari dunia Sepakbola Internasional.

Dampak buruk lainnya

Dua kejadian tersebut menjadi contoh konkret bahwa sangat bahayanya jika perjudian dilibatkan dalam sebuah industri olahraga seperti sepakbola. Hal ini bisa menghancurkan indahnya dunia Sepakbola yang telah dirasakan ratusan tahun hanya untuk kepentingan segelintir orang yang ingin meraup keuntungan sebesar besarnya.

Bahaya perjudian bagi para pelaku yang terlibat, terutama pemain dan pelatih adalah mereka tidak akan sepenuhnya pulih dari hukuman yang menimpanya. Karir yang terhambat, masa depan yang tidak pasti, hingga cacian dari para penggemar sepakbola yang seumur hidup akan terus menghantui kepalanya.

Dengan begitu banyaknya bahaya dari tindak perjudian dari hal ini dan semakin maraknya industri judi sepakbola online maka akan sangat wajib hukumnya pagi para pemegang jabatan tertinggi dalam industri sepakbola setiap negara untuk memberantas hal ini sampai ke akar akarnya. Beberapa negara bahkan sudah memiliki sistem pencegahan Perjudian mereka masing masing.

Sepakbola merupakan sebuah olahraga yang diminati banyak orang di belahan dunia manapun. Dengan tidak adanya batasan umur dan regional membuat sepakbola akan sangat indah jika dinikmati. Para pemain, pelatih, dan manajemen klub seharusnya menyadari jika mereka menerima untuk melakukan hal tersebut sama saja dengan menciderai sepakbola itu sendiri. Selain untuk dunia Sepakbola, karir mereka juga akan terkena dampak dari bahaya perjudian tersebut.

Sebagai penikmat dari industri ini, Semua orang harus mengerti bahwa tidak hanya pemain, pelatih dan manajemen klub saja yang berusaha menahan diri agar tidak terjadi dampak dari bahaya perjudian ini, namun semua pihak harus terlibat mulai dari supporter klub, sampai dengan federasi yang berwenang. Sehingga diciptakan suasana olahraga yang baik tanpa adanya faktor faktor negatif yang mempengaruhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *